Bimbingan Teknis Literasi SMK Tahun 2019 Se-Provinsi Jawa Timur

Bimbingan Teknis Literasi SMK Tahun 2019 Se-Provinsi Jawa Timur

Apa sih literasi itu? Menurut kalian sendiri seperti apa? Dan, apa hubungannya dengan bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Surabaya? Untuk lebih memahaminya simaklah ulasan berikut ini.  

Jadi, gini loh banyak sekali definisi dari literasi, maka dari itu kita akan mengambil salah satu pengertian literasi. Literasi adalah ketrampilan yang dimiliki oleh seseorang baik ketrampilan membaca, menulis, dan memecahkan masalah dalam sebuah persoalan. Nah, kala itu perwakilan dari anak jurnalistik ditunjuk sebagai dilegrasi atau mewakili sekolah dalam bimtek literasi yang diadakan di Hotel Bidakara Fancy Surabaya dan berlangsung pada hari Senin, tanggal 9 September tahun 2019. Tak hanya dari SMK Islam 1 Blitar saja tetapi juga ada banyak partisipan dari berbagai SMK yang ada di Jawa Timur. 

Mengapa kegiatan ini perlu dilakukan? Hal ini bertujuan supaya siswa dapat memahami dan mengerti pentingnya berliterasi. Adapun penerapan literasi yang telah dan akan dilakukan di SMK Islam 1 Blitar adalah sebagai berikut.

Pertama, tadarus atau membaca Al-Qur’an 30 juz di setiap pagi sebelum jam pelajaran dimulai. Dengan waktu 15 menit yang kemudian diakhiri dengan do’a bersama yang dipandu langsung oleh bapak guru menggunakan pengeras suara. Hal ini tidak terlepas dari acuan sekolah ini yang berlandaskan agama di bawah naungan LP Ma’arif NU. Selain itu, juga sekaligus mengimplementasikan kewajiban orang muslim, yakni membaca kitab suci Al-Qur’an. 

Kedua, dibuatnya mading kelas atau mading sekolah. Dibuatkannya mading ini bertujuan untuk membuat para siswa untuk menyumbang ide-ide mereka dan menuangkan dalam bentuk karya sastra seperti puisi, cerpen, pantun, atau komik itu saja sudah berperan bagus untuk teman-teman yang lainnya agar mereka mau membaca walaupun itu bukan bacaan resmi.

Ketiga, membuat tempat khusus baca selain perpustakaan. Dibuatnya tempat ini agar para siswa/siswi yang merasa bosan bila ke perpustakaan  dapat menikmati suasana lain ketika membaca. Tempat ini bisa disebut sebagai pojok baca yang dapat dihias semenarik mungkin agar para pembaca memiliki minat lebih untuk membaca.

#Laila Kholifa     X TITL 1

#Yogi Saputra   X TITL 2

#Fitra Dwi P.   X DPIB 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *