Cetak SDM Handal Melalui BLK Komunitas Berbasis Pesantren

Cetak SDM Handal Melalui BLK Komunitas Berbasis Pesantren

Saat ini masyarakat indonesia tengah dihadapkan dengan revolusi industri 4.0. hal tersebut menjadi topik pembahasan di berbagai lapisan masyarakat. Namun, sebetulnya menurut Prof. Reevany Bustami, Ph.D., lektor kepala USM, saat ini tantangan justru telah mencapai tahap revolusi industri 5.0.

sebagai upaya menjawab tantangan tersebut, dibutuhkan kolaborasi yang baik antara fisik, digital, dan biologis, serta dilengkapi dengan aspek spiritual. Selain itu tentu saja keseimbangan antara softskill dan hardskill juga sangat diperlukan. Balai latihan kerja (BLK) komunitas merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memfasilitasi hal-hal tersebut. Upaya tersebut dilakukan untuk melengkap softskill dan pendidikan karakter yang ada di pondok pesantren dengan tambahan keterampilan berupa hardskill.

Pondok pesantren Al-Muhsin SMK Islam 1 Blitar tidak ketinggalan untuk ikut serta untuk mengikuti kegiatan tersebut. Bekerja sama dengan kementerian ketenagakerjaan, pada awal tahun 2019 ini telah resmi berdiri BLK Komunitas Al-muhsin yang berlokasi di dekat pondok pesantren Al-muhsin. Pelatihan kerja yang dibuka adalah pelatihan Las dengan melibatkan instruktur dari dinas ketenagakerjaan dan bapak ibu guru yang kompeten dibidangnya.

Saat ini sudah terdapat tiga gelombang pelaksanaan pelatihan Las di BLK Komunitas Al-muhsin. Akan dibuka 4 gelombang selama tahun 2019 ini. Laki-laki maupun perempuan berusia minimal 18 tahun boleh mendaftar. Namun, peserta tidak boleh berstatus sebagai pelajar dan sehat jasmani rohani. Pendaftaran dapat dilakukan di tempat workshop Las BLK Komunitas Al-muhsin SMK Islam 1 Blitar.adapun fasilitas yang didapat para peserta pelatihan yaitu: mendapat seragam praktek (Safety), modul atau materi, uang transportasi, makan atau snack, asuransi jiwa, dan sertifikat pelatihan resmi. Menariknya kegiatan pelatihan ini bersifat gratis atau tidak dipungut biaya apapun.

Namun, agar lebih kondusif nya dalam pelatihan, peserta pelatihan dibatasi hanya 16 peserta dari setiap angkatan. Jumlah jam pelatihan 240 jam atau selama satu sampai 1 setengah bulan, “harapan kedepannya dengan pelatihan di BLK para peserta mempunyai keterampilan yang dapat dijadikan bekal untuk mencari kerja maupun menciptakan lapangan kerja sendiri,” ujar bapak rahman selaku kepala BLK Komunitas Al-muhsin.

Nah, bagi sobat pers yang memenuhi kualifikasi seperti yang kami sebutkan di atas, ayo buruan daftar jangan lewatkan kesempatan pelatihan ini. Yang pasti selain gratis dan mendapat berbagai fasilitas, tentunya juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat, daftarkan diri anda dengan cara datang langsung ke SMK Islam 1 Blitar pada gelombang keempat ini. Pendaftaran akan ditutup sewaktu-waktu jika kota sudah terpenuhi.

CP :
P. Rohman ( 081333341636 )
P. Aris ( 081333305392 )
P. Fahim ( 085655531733 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *