Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2019

Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2019

Salah satu elemen penting dalam gerakan pramuka adalah pramuka penegak dan pramuka pandega. Mereka merupakan generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa. Maka dalam rangka mengembangkan potensi masyarakat agar bisa peduli lingkungan, menanamkan jiwa gotong royong, membiasakan pola hidup bersih dan sehat, serta meningkatkan wawasan dalam badan pengawas obat dan makanan, Kwartir Daerah Jawa Timur menyelenggarakan pertemuan penegak se-Jawa Timur yang dilaksanakan setiap 1 tahun sekali yaitu Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka.

Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka merupakan kegiatan yang digagas oleh pramuka Jawa Timur yang dikemas dalam bentuk bakti masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari 3 malam dalam masing-masing 11 zona yang ada di Jawa Timur. Alhamdulillah Kota Blitar diberi amanah untuk menjadi tuan rumah Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Zona 5 Kota Blitar. Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Zona 5 Kota Blitar, berlangsung pada 5 sampai 8 maret 2019 yang bertempat di kelurahan Karangsari, kecamatan Sukorejo, kota Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Bentuk kegiatan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka ini antara lain Bakti pengecatan, pemugaran rumah (tidak layak huni menjadi rumah layak huni), sosialisasi pola hidup bersih dan sehat, sosialisasi badan pengawas obat dan makanan, festival kecerdasan, malam keakraban (pentas seni) dan malam brawijaya (Penutupan, Awarding, Penampilan Guest Star Klantink).

Plt walikota Blitar, sekaligus menjabat sebagai Kamabicab atau ketua Kwartir cabang Gerakan Pramuka Kota Blitar, Drs. Santoso M.Pd, membuka Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Zona 5 Kota Blitar Secara Resmi tidak di lapangan utama karena hujan lebat yang mengguyur kawasan tersebut berjam-jam sehingga upacara pembukaan Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka zona 5 Kota Blitar berlangsung di kantor kelurahan karangsari yang dihadiri oleh pimpinan dari Kwartir daerah Jawa Timur, tokoh pramuka dari Kabupaten Kediri, kota Kediri dan kota Blitar, serta perwakilan peserta dari masing-masing kontingen. Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Zona 5 Kota Blitar terdiri dari 1000 peserta yang dibagi menjadi tiga dari masing-masing Kontingen. Dari Kota Blitar mengirim 400 peserta, Kota Kediri dan Kabupaten Kediri masing-masing mengirim 300 peserta.

Ratusan peserta tampak antusias bergotong-royong dengan warga setempat untuk melaksanakan kegiatan. Mereka menggelar berbagai aksi. Mulai dari bakti pengecatan rumah, bedah rumah, sosialisasi dan aksi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu perwakilan kontingen dari koncab mereka juga berlaga di malam keakraban alias menampilkan sebuah pertunjukan pentas seni khas budaya Indonesia. Pentas seni tersebut adalah mempertunjukkan seni tari dan drama. Dihari ketiga Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka ada hari yang ditunggu-tunggu karena adanya sebuah Festival yang tidak lain adalah Festival Kecerdasan. Seluruh peserta ditantang untuk mengikuti kegiatan Festival Kecerdasan dan diambil 4 Pemenang yang akan dikirim ke perlombaan sejenis ke tingkat provinsi yang akan bersaing dari berbagai zona di Jawa Timur. Peserta yang menang dalam Festival Kecerdasan dan Puncak Festival, akan mendapat medali emas dan hadiah jalan-jalan ke luar negeri. Sementara peserta yang mendapat medali perak, mendapat hadiah wisata ke Jogjakarta.

Pada malam penutupan yaitu pada malam Brawijaya Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka Zona 5 Kota Blitar ditutup secara resmi oleh Perwakilan Kamabida dari Kwartir Daerah Jawa Timur. Setelah itu pemberian Thropy kejuaraan pemenang Festival Kecerdasan dan ditutup dengan penampilan Guest star yang menghadirkan grup kenamaan Klantink dari Surabaya. Seluruh peserta tampak antusias mengikuti malam Brawijaya tersebut.

Artikel oleh : M. Daffa Rafi Naufal / XI TKJ 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *