Gelar Ujian Sekolah Dengan Kertas dan Komputer

Gelar Ujian Sekolah Dengan Kertas dan Komputer

Blitar – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam 1 Blitar menggelar ujian berbasis komputer  dan ujian berbasis kertas bagi siswa kelas XII. Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini, siswa mengerjakan ujian menggunakan 10 lab komputer dan 10 kelas yang telah dipersiapkan. Sebanyak 811 siswa mengikuti ujian ini. Rabu (4/3/2020).
Salah satu tenaga pengajar SMK Islam 1 Bliar, Abdullah Umar, S. Kom menuturkan, dengan menggunakan komputer untuk soal pilihan ganda dan kertas untuk soal essay selain lebih efisien juga menjadi salah satu upaya sekolah untuk mendorong digitalisasi pembelajaran di sekolah.
Meski demikian, lanjut Umar, ada beberapa kendala yang sempat ditemui. Salah satunya, perawatan komputer. Tapi sejauh ini kendala tersebut bisa teratasi karena siswa diwajibkan segera melapor jika ada kendala pada fungsi komputer.
“Hari ini siswa ujian mapel Bahasa Daerah dan Produktif. Secara umum, mereka antusias menggunakan komputer,” ucapnya.
Lebih lanjut, “Demi keamanan dan kenyamanan ujian sekolahan juga menggunakan CCTV” katanya.

Tampak CCTV yang terpasang diruang panitia ujian, guna mempermudah pemantauan lab komputer.

Ke depan, sekolah akan menggenjot optimalisasi pemanfaatan komputer dengan menyelaraskan layanan komputer dengan pembelajaran online. “Selain itu, kita juga akan isi website sekolah dengan berbagai e-book. Sehingga, siswa tak perlu lagi membawa buku pelajaran karena semua sudah ada di sana,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *