Inspiratif, Siswa siswi SMK ISLAM 1 BLITAR Membuat Robot Soccer Car

Inspiratif, Siswa siswi SMK ISLAM 1 BLITAR Membuat Robot Soccer Car

SMK ISLAM 1 Blitar – Beberapa siswa SMK Islam 1 Blitar terlihat sangat antusias karena membuat robot untuk projek/tugas kelompok mata pelajaran sistem komputer yang sedang membahas tentang mikrokontroller. Menurut Wilda, guru pembimbing para siswa tersebut, yang dulu aktif di team robotik ketika sedang menempuh kuliah. Siswa siswi harus ikut “ANDIL” dalam dunia teknologi di era industri 4.0, khususnya di bidang robotik selain tuntutan zaman sekarang ini banyak pekerjaan yang mulai tergantikan oleh robot.

kelompok-soccer-car

Image 1 of 6

Sebenarnya robotik secara umum itu hanya mempermudah pekerjaan manusia tidak bisa menggantikan seluruh pekerjaan manusia, akan tetapi di berbagai bidang pekerjaan sudah mulai digantikan dengan mesin otomasi maupun robot. Sederhananya jika ada robot maka pekerjaan konvensional seperti penunggu loket, penjaga pintu tol, costumer service dengan chatbot AI (artificial intellegence) atau kecerdasan buatan, sopir dengan auto pilot dst. Tidak semua pekerjaan manusia bisa digantikan oleh robot, masih ada banyak pekerjaan yang tidak bisa di gantikan oleh robot, pekerjaan yang membutuhkan emotional intelegence. Melakukan analytical work, kreativitas, suatu komplek problem solving. Itu hanya bisa dilakukan oleh manusia melalui interaksi otak dan hati. 

Ide pembuatan robot adalah sebagai media mengimplementasikan teori mikrokontroller, kita memanfaatkan mikrokontroller arduino, driver motor, motor dc. Nantinya untuk remote soccer car ini menggunakan smartphone android. Beberapa bidang lomba robot banyak yang mengangkat tema soccer baik robot humanoid, robot berroda dsb.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *