Komitmen SMK Islam 1 Blitar dengan Program Pintar Bersama Daihatsu (PBD)

Komitmen SMK Islam 1 Blitar dengan Program Pintar Bersama Daihatsu (PBD)

PBD atau Pintar Bersama Daihatsu adalah program yang dibuat berdasarkan kerja sama antara SMK Islam 1 Blitar dengan PT Astra Daihatsu Motor. Program ini dibuat untuk lebih meningkatkan kedisiplinan semua warga sekolah terutama siswa-siswi SMK Islam 1 Blitar.

Sebelum mengikuti program PBD ini, pihak sekolah terlebih dahulu melakukan studi banding ke SMK Kudus Jawa Tengah. Di sana, mereka melihat langsung, bertukar ilmu, dan mempertimbangkan keadaan sekolah untuk pelaksanaan program PBD ini.

Pada tahun pelajaran 2017/2018 ini program PBD mulai dilaksanakan di SMK Islam 1 Blitar. Pihak sekolah tengah serius mendukung secara aktif dan melaksanakan Program Pintar Bersama Daihatsu. Dengan menjunjung tinggi kedisiplinan, kejujuran, dan berbudaya karakter yang baik akan membentuk siswa menjadi insan yang cakap dan bijak dalam mengambil keputusan.

Dalam rangka memelihara lingkungan sekolah yang hijau, bersih, indah dan sehat, sekolah mulai menerapkan sistem Jalur Hijau khusus untuk pejalan kaki di lingkungan sekolah. Tidak hanya itu, demi menciptakan sekolah sebagai kawasan industri, bengkel tempat praktik siswa juga mengalami pembenahan dari berbagai sisi. Dengan penerapan program 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin), yang merupakan adaptasi program 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke) yang dikembangkan di Jepang dan sudah digunakan oleh banyak negara di seluruh penjuru dunia. Ini merupakan suatu metode sederhana untuk melakukan penataan dan pembersihan tempat kerja yang dikembangkan dan diterapkan di Jepang.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan soft skill dan hard skill yang professional dan bersinergi dengan Daihatsu untuk berkompetisi di era MEA. Program yang baru ini membawa dampak positif bagi sekolah karena siswa lebih disiplin dengan adanya jalur berjalan (green line), tanda untuk parkir kendaraan, dan pemberian tanda naik turun tangga. Program juga dalam tahap pembenahan agar lebih baik lagi kedepannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *