Kreatif, Siswa SMK ISLAM 1 Blitar membuat tempat Sampah Pintar (Smart Trash)

Kreatif, Siswa SMK ISLAM 1 Blitar membuat tempat Sampah Pintar (Smart Trash)

Siswa – siswi kelas X SMK ISLAM 1 BLITAR, Berhasil menciptakan tempat sampah otomatis, yang dinamai dengan Smart Trash.

Tempat sampah ini juga dapat membuka tutupnya sendiri. Ketika berdiri di depan tempat sampah, maka sensor akan merespon bahwa terdapat suatu objek di depanya. Lalu secara otomatis akan membuka tutup sampah. Berselang 10 detik maka tutup tempat sampah akan menutup otomatis.

Tempat sampah ini telah berhasil didesain menggunakan mikrokontroler arduino uno sebagai pengendali utama. Komponen lain penting adalah sensor ultrasonik sebagai pendeteksi adanya objek di depannya. Karya ini adalah salah satu tugas projek dari mata pelajaran sistem komputer yang membahas tentang mikrokontroller. Jadi Siswa – Siswi membentuk suatu kelompok mengembangkan suatu projek dari mikrokontroller sebagai komponen utamanya. Kemudian Guru Pembimbing akan memberi beberapa pilihan projek, yang bisa di kerjakan oleh kelompok siswa-siswi tersebut.

Nantinya tempat sampah ini akan kami kembangkan lagi dengan fitur bisa memisahkan sampah logam dan sampah non logam yang dapat kita daur ulang (recycle). Dilengkapi modul GSM yang digunakan untuk mengirim pesan atau dapat membuka melalui aplikasi android dari petugas kebersihan jika sampah penuh dengan indikator led merah dan juga nantinya akan mempermudah petugas kebersihan karena dilengkapi gps dimana letak tempat sampah yang penuh (Terintegrasi dengan Google Maps). Kemudian Speaker ketika seseorang sudah membuang sampah “Terima Kasih sudah membuang sampah pada tempatnya”. Ucap Wilda Ariffatul F, S. Kom selaku guru pembimbing projek ini.

 

#TempatSampahOtomatis #SmkIslam1Blitar #Blitar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *