Lomba Kompetensi Siswa SMK 2021, Kuatkan Kompetensi dan Kolaborasi Masa Depan

Lomba Kompetensi Siswa SMK 2021, Kuatkan Kompetensi dan Kolaborasi Masa Depan

Blitar – Penguatan pendidikan vokasi terus dilakukan meski di tengah tantangan pandemi global Covid-19. Semangat siswa SMK pun tidak surut untuk terus menguatkan kompetensi mereka di bidang masing-masing. Hal ini tergambar dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Kab Kota Blitar Tahun 2021 yang digelar di SMK Islam 1 Blitar.
LKS adalah lomba keterampilan sekolah yang menjadi agenda rutinan setiap tahunnya sebagai bentuk pengakuan ketrampilan siswa di seluruh tingkatan SMK sesuai dengan bidang lomba ataupun program keahliannya. Lomba ini diikuti oleh SMK Negeri dan Swasta se Kab Kota Blitar,
Secara khusus, tahun ini SMK Islam mendelegasikan masing-masing 1 delegasi dari 6 jurusan.
“SMK Islam 1 Blitar optimis, kami dapat mencapai kesuksesan di masa depan,” ujar Agus Mawahib, S.Pd, Ketua Program Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor , Senin (8/2).
Dalam laporannya, Agus Mawahib, S.Pd menyampaikan, pelaksanaan LKS SMK kab kota Blitar merupakan perwujudan adaptasi kebiasaan baru.
Baca juga Seleksi Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Kota Blitar
“Penilaian dan penjurian dilakukan secara online dan offline dengan memperhatikan protokol kesehatan,” jelasnya.
Bapak Mawahib menyampaikan rasa syukurnya karena kegiatan LKS SMK tetap berlangsung meski di tengah pandemi.
“Jangan ragu, ini bagian anak tangga untuk kompetisi besar, proses belajar tidak mengenal waktu dan tempat,” imbuhnya.
“Harapannya, kompetisi ini menjadi ajang kolaborasi dengan teman-teman dari daerah lain yang mana akan menjadi relasi di masa depan. Semoga sukses dan bisa melejitkan talenta siswa siswa SMK yang berkompeten, terampil untuk Indonesia yang lebih maju,” tambah Agus.

Potret Lomba IT Networking Administration System. 8/2/21

Lomba Motorcycle Repairs and Maintenance. 8/2/2021

Sementara itu, salah satu tenaga pengajar jurusan TBSM, Nur Rokim, S.Pd, “Kami sangat berkeinginan acara ini dilangsungkan secara langsung, namun apa dikata situasi pandemi tidak memungkinkan. Harapan kami kegiatan LKS ini dapat berjalan sukses dan sesuai harapan,” jelas nya.
“Setelah seleksi tingkat kota, selanjutnya akan di teruskan ke tingkat wilayah kerja 3 Jawa Timur. Dan setelah seleksi wilayah kerja akan di lanjutkan ke tingkat Provinsi dan Nasional.” imbuh ayah 1 anak ini.
Kali ini SMK Islam 1 Blitar berhasil menyabet kemenangan dalam lomba Motorcycle Repairs and Maintenance dan lomba IT Networking Administration System, yang kemudian mewakili kota Blitar dalam ajang perlombaan tersebut. Kemudian akan berkompetisi lagi dengan beberapa kab kota lain, seperti Malang, Kediri, Tulungagung,  dan Trenggalek.

Peserta beserta juri berpose bersama usai lomba. 8/2/2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *