Masa Pandemi, Musasoema Pramuka Tetap Terlaksana

Masa Pandemi, Musasoema Pramuka Tetap Terlaksana

Blitar – Praja muda karana (Pramuka) merupakan sebuah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Arti dari praja muda karana itu sendiri adalah anak-anak muda yang suka berkarya. Oleh karena itu pramuka menjadi salah satu pendidikan nonformal yang berguna untuk meningkatkan karakter dari generasi muda. Kegiatan pramuka selain api unggun dan berkemah adalah musyawarah kepramukaan. Musyawarah ini berguna untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan sehingga tercipta inovasi dan peningkatan dalam berkegiatan. Selain itu adanya pemilihan ketua yang berguna sebagai regenerasi pengurus.

Setelah kepengurusan selesai, seorang anggota pramuka akan menjadi alumni. Kala itu Pramuka SMK Islam 1 Blitar menggelar Musyawarah Ambalan Soeprijadi Malahayati (MUSASOEMA) di Aula lantai 2 SMK Islam 1 Blitar. Ahad, 21/3/2021.

Musasoema pada kali ini cukup berbeda dari tahun sebelumnya. Adanya pandemi menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu harus adanya inovasi agar tetap berjalan. Pramuka dikenal mempunyai jiwa yang tangguh, sebab itulah harus tetap dilaksanakan meskipun pandemi. Musasoema kali ini dilaksanakan bagi pengurus dan anggota pramuka dengan pembatasan jumlah yang hadir dan tetap melaksanakan protokol kesehatan 5M. 

Dokumentasi Musasoema. Ahad, 21/3/2021.

Acara Musasoema diawali dengan pembukaan, yang dibuka secara resmi oleh wakil Pembina Pramuka SMK Islam 1 Blitar, Bapak Ahmad Zubaidah, S.Pd. Kemudian dilanjutkan pemilihan presidium, sidang pleno, hingga pelantikan ketua baru.

Saat dikonfirmasi redaksi, pembina pramuka SMK Islam 1 Blitar, Dra. Musiti mengapresiasi Musasoema, meskipun pandemi, namun tetap dilaksanakan dengan inovasi yang ada.

Meskipun pandemi masih berlangsung, harus tetap menginovasikan dan menyesuaikan kegiatan yang ada. Semoga pandemi tidak menyurutkan semangat dalam berkarya.

Menurut kakak Musiti, musyawarah ambalan Soeprijadi malahayati ini merupakan musyawarah pengurus pangkalan pramuka SMK Islam 1 Blitar dalam menghasilkan pradana baru.  

“Musyawarah pertanggungjawaban pengurus lama kepada seluruh anggota lalu menentukan pengurus baru hingga membentuk program kerja pengurus berikutnya. Selamat atas terpilihnya Kak Sirojul Tholibin sebagai Pradana Putra dan Kak Aisyifa Rosida sebagai Pradana Putri Ambalan Soeprijadi – Malahayati Masa Bhakti 2021/2022” ucapnya 

Protret pradana baru usai pemilihan (Kak Sirojul Tholibin dan Kak Aisyifa Rosida ). Ahad, 21/3/2021

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *