Nomofobia? Ketakutan Ketika Jauh dari Ponsel

Nomofobia? Ketakutan Ketika Jauh dari Ponsel

Bagi kamu yang tidak bisa lepas dari ponsel dan harus mengecek ponsel setiap menitnya, hati-hati mungkin saja kamu sudah sedang mengalami nomofobia.

Nomofobia bukanlah suatu penyakit ataupun gangguan kejiwaan. Namun merupakan istilah yang diciptakan oleh peneliti tentang perilaku manusia modern yang sudah sangat kecanduan dengan ponsel.
 

Kata nomofobia berasal daro gabungan no, mobile, dan phobia, yang jika diartikan maka ketakutan jauh dari telepon seluler.

Saat ini, kebiasaan mengecek ponsel merupakan sesuatu yang terlihat normal-normal saja. Namun, jika kebiasaan itu terus terjadi meskipun tidak ada pemberitahuan masuk, maka hal tersebut harus sangat diwaspadai.
 

Seorang profesor dari Departemen Psikologi Universitas California, Larry Rosen, dalam penelitian dia menemukan fakta bahwa kebanyakan orang yang terlalu sering mengecek ponsel karena rasa bosan. Penelitian ini dilakukan terhadap 375 mahasiswa dan 75 siswa sekolah pengguna ponsel.

Dari penelitian ini, Rosen kemudian mencetuskan istilah nomofobia. Bahkan dalam penelitian dia, banyak orang yang saat ini terbangun pada tengah malam hanya karena ingin memeriksa ponsel. Jika kondisi tersebut terus dibiarkan, maka akan dapat menganggu kesehatan tubuh karena terganggunya pola tidur.
 

Jadi kata Rosen, untuk mengurangi kebiasaan tersebut, seseorang harus menyimpan ponselnya di luar kamar tidak satu jam sebelum pengguna beranjak.

Source : MasFadli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *