Penerimaan Siswa Baru Online Efektif Saat Pandemi

Penerimaan Siswa Baru Online Efektif Saat Pandemi

Blitar — Penerimaan peserta didik baru SMK Islam 1 Blitar mulai dibuka 8 Februari 2021. Kondisi darurat kesehatan akibat pandemi Covid-19 membuat sekolah harus menerapkan protokol kesehatan dalam proses penerimaan. Berbagai terobosan dilakukan, salah satunya penerimaan peserta didik baru secara online. Cara itu dianggap tepat diterapkan saat pandemi Covid-19 sekarang ini.
Sistem online bertujuan untuk mengurangi kontak fisik, termasuk menghindari kerumunan atau keramaian di sekolah-sekolah. Namun demikian sistem ini akan menguntungkan apabila siswa tinggal di wilayah atau daerah yang terjangkau akses internet yang bagus. SMK Islam terletak di Kota Blitar, dimana signal berbagai operator cukup bagus, begitu pula di daerah kabupaten Blitar yang menjadi tempat tinggal mayoritas siswa SMK Islam 1 Blitar.
Sistem online juga memerlukan fasilitas yang memadai. Misalnya smartphone, karena sistem penerimaan peserta didik baru secara online tentu mengharuskan semua calon siswa mengirimkan dokumen pendaftaran secara online pula. Sehingga semua dokumen fisik harus diubah menjadi bentuk dokumen digital yang mudah diunggah.
Sistem ini akan menguntungkan jika siswa dan orang tua melek teknologi sehingga proses pendaftaran menjadi lebih lancar. Pendaftaran peserta didik baru secara online di SMK Islam 1 Blitar telah di buat sedemikian rupa agar masyarakat yang menggunakannya langsung bisa memakainya tanpa ada kendala.
Walau begitu, karena beragamnya masyarakat ada pula orang tua siswa yang masih gaptek teknologi hingga belum memiliki fasilitas yang mumpuni. SMK Islam 1 Blitar juga melayani pendaftaran secara offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *