Pentingnya Program Pintar Bersama Daihatsu Bagi Calon Karyawan

Pentingnya Program Pintar Bersama Daihatsu Bagi Calon Karyawan

Blitar – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bekerjasama dengan SMK manapun telah sekian lama, termasuk di SMK Islam 1 Blitar. Program Pintar Bersama Daihatsu (PDB) ini dilatar belakangi keinginan untuk meningkatkan kemampuan siswa SMK dalam memasuki dunia kerja. Walau di sekolahan sudah membekali peserta didik dengan pengetahuan dan ketrampilan, tetapi hal itu belum cukup memadai untuk memasuki dunia kerja. PT. ADM memandang bahwa kelemahan calon karyawan bukan pada aspek pengetahuan dan ketrampilan, tetapi lebih pada aspek attitude atau sikap.

Program PBD ini menekankan pada aspek peningkatan soft skill dan hard skill sebagai kebutuhan utama di industri dan dunia kerja. Hard skill membekali ketrampilan siswa yang riil/identik sama dilakukan di industri/bengkel Daihatsu. Materi ini dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah. Secara garis besar materi soft skill PBD menekankan pada aspek sikap kerja siswa karena diharapkan siswa bisa masuk ke dunia industri di mana saja.

Kali ini, SMK islam 1 Blitar telah mengimplementasikan soft skill dan hard skill diantaranya; tentang budaya industri 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke), pelaksanaan work habit, penerapan safety, peningkatan mutu sekolah, pelaksanaan kurikulum Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), standard sarana dan prasarana TKRO.

Program ini dijalankan oleh semua warga sekolah tidak hanya terbatas pada siswa tetapi di semua jurusan. Dengan adanya program PBD ini diharapkan siswa/calon karyawan memiliki karakter yang baik sehingga siap menghadapi kerja. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *