Pertahankan Audit ISO 9001:2015, Begini Detailnya

Blitar – SMK Islam 1 Blitar berhasil mempertahankan Audit ISO 9001:2015 yang terus diraih setiap tahunnya. Audit eksternal ini menjadi penyempurna SMK Islam 1 Blitar dalam mengelola manajemen mutu pendidikan, mulai dari kurikulum, bimbingan konseling, praktek kerja lapangan & humas, kesiswaaan, perpustakaan, sarpras, tata usaha, hingga 6 program keahlian, dengan terus menerapkan sistem manajemen mutu berstandar Internasional di seluruh unit kerja SMK Islam 1 Blitar.

Tampilan Audit Virtual Microsoft Teams. 15/2/21

Audit Eksternal ISO 9001:2015 di audit oleh Bapak Yuli Siswanto dari PT. SAI Global Indonesia, sebuah perusahaan yang menciptakan nilai, melindungi merek, dan memungkinkan lembaga menjadi semakin maju penuh percaya diri.

Dalam acara yang digelar secara daring pada Senin (15/2) itu turut dihadiri para pimpinan SMK Islam 1 Blitar, ketua program keahlian, semua tenaga pendidik, serta seluruh karyawan di lingkungan SMK Islam 1 Blitar

Penulis sangat menyambut baik capaian SMK Islam 1 Blitar ini. Audit ISO 9001:2015 merupakan bukti profesionalitas SMK Islam 1 Blitar dalam melayani masyarakat di bidang pendidikan. Sistem tata kelola pendidikan di SMK Islam 1 Blitar selama ini telah teruji dan dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.

Dalam melaksanakan  perannya sebagai lembaga pendidikan dilingkungan Ma’arif NU , SMK Islam 1 Blitar terus  menyempurnakan audit sesuai standar ISO 9001:2015 agar pengelolaan pendidikan berjalan efektif dan efisien.

Alhamdulillah SMK Islam 1 Blitar kembali berhasil menorehkan capaian positif pada masa-masa krisis akibat pandemi Covid-19 ini. Hal ini sekaligus menunjukkan manajemen SMK Islam 1 Blitar yang berjalan telah memenuhi persyaratan yang berlaku.

Pencapaian ini juga merupakan bentuk integritas sekolah yang tinggi serta dukungan kepercayaan penuh dari masyarakat. SMK Islam 1 Blitar mampu membuktikan sebagai lembaga pendidikan yang maju dan memenuhi target yang ditetapkan.

Baca juga  SMK ISLAM 1 BLITAR LAKUKAN AUDIT ISO 9001:2015

SMK Islam menjalani audit secara daring agar tetap terjaga protokol kesehatannya dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Audit diaplikasikan secara ratification audit, di mana audit dilakukan kepada seluruh bagian unit kerja serta dikombinasikan dengan metode sampling.

Meski audit dilakukan dari jarak jauh namun hasil yang didapatkan tetap baik sesuai bidang masing-masing yakni kurikulum, bimbingan konseling, praktek kerja lapangan & humas, kesiswaaan, perpustakaan, sarpras, tata usaha, hingga 6 program keahlian (TKR, TKJ, TPM, TITL, DPIB dan TBSM). Hasil audit yang dilaksanakan tanggal 15 Februari 2021 tidak ditemukan ketidaksesuaian Major, dan hanya ditemukan beberapa revisi dan penambahan pengiriman file-file yang belum lengkap dari beberapa unit kerja.

Secara konsisten SMK Islam 1 Blitar terus memperbarui sistem manajemen mutu mengikuti standar internasional akreditasi ISO. Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 merupakan sistem manajemen yang mengarahkan dan mengendalikan organisasi berkaitan dengan kualitas, manajemen mutu berarti menjamin bahwa pelayanan jasanya memenuhi persyaratan mutu pelanggan serta mematuhi peraturan yang berlaku dalam jasa tersebut.

Proses Audit Virtual, tampak guru dan karyawan fokus memperhatikan auditor dari PT SAI Global

Sementara itu, kaprogli Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Agus Mawahib, S.Pd  mengatakan  bangga dapat memberikan yang terbaik untuk sekolahan. 

“Selamat kepada SMK Islam 1 Blitar yang dapat mempertahankan audit ISO 9001:2015. Ini menunjukkan komitmen semua persyaratan ISO dalam rangka melayani kepuasan masyarakat. Dengan motto, religius dan kompeten, SMK Islam 1 Blitar akan terus meningkatkan pelayanan sekaligus menjadi profesional, akuntabel, dan transparan,” ujar ayah satu anak ini.

Ia berharap SMK Islam 1 Blitar terus mampu bersiap menghadapi berbagai tantangan ke depan, termasuk akibat pandemi serta peningkatan berkelanjutan.

Berbagai foto dokumentasi Audit Eksternal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *