Pupuk Kedisiplinan Melalui Bela Negara

Pupuk Kedisiplinan Melalui Bela Negara

Pendidikan berbasis karakter merupakan salah satu bentuk pendidikan yang diutamakan pada saat ini. Pendidikan berbasis karakter ini dikembangkan di SMK Islam 1 Blitar dengan memberikan pendidikan berbasis karakter, utamanya dalam hal kedisiplinan dan tanggung jawab. Hal tersebut diwujudkan dengan diadakannya diklat bela negara.

Kegiatan bela negara adalah sebuah agenda tahunan yang diselenggarakan oleh SMK Islam 1 Blitar dengan menggandeng kodim 0808 Blitar sebagai instruktur. Kegiatan bela negara rutin dilaksanakan pada setiap awal tahun ajaran baru. Acara ini diikuti oleh seluruh siswa siswi SMK Islam 1 Blitar baik kelas X Baru, XI, dan XII yang dilaksanakan sesuai jadwal yang telah disusun oleh sekolah.

Kegiatan bela negara Siswa / Siswi yang PKL (Praktek Kerja Lapangan) Gelombang 1 Kelas XI tahun pelajaran 2019 / 2020 dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 24-25 Juni 2019 yang bertempat di Lapangan Jatimalang Kota Blitar. Acara ini dimulai pada pukul 06.30 WIB sampai Dengan Jam 12.00 WIB. Acara bela negara diawali dengan Apel Pagi, pemanasan, dilanjutkan dengan pelatihan baris-berbaris (PBB), istirahat untuk makan, dan ditutup dengan berdo’a bersama.

Tujuan dari kegiatan Bela Negara adalah sebagai pembuktian bahwa SMK Islam 1 Blitar ikut menyukseskan pendidikan berbasis karakter di indonesia. Selain itu, diharapkan melalui kegiatan ini, kedisiplinan siswa semakin meningkat, memiliki berjiwa korsa, dan mempunyai rasa cinta tanah air. Dengan demikian, siswa-siswi SMK Islam 1 Blitar semakin bijak dalam bertindak dalam kehidupan sekarang dan di masa yang akan datang.

Dokumentasi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *