SMK Islam 1 Blitar berdiri pada tanggal 1 Januari 1968 oleh Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Cabang Blitar. Berdiri di atas lahan 913 m2 yang berlokasi di Jalan Semeru Nomor 11 Blitar, dengan tiga jurusan :

  1. Bangunan
  2. Listrik
  3. Mesin

Pada awal berdirinya SMK Islam 1 Blitar bernama STM NU Blitar (Sekolah Teknologi Menengah Nahdlatul Ulama Blitar), dengan membawa misi pengembangan da’wah Islam ala Ahlus Sunnah wal Jama’ah.

Tujuan berdirinya STM NU Blitar adalah : (1) untuk menampung lulusan SLTP, baik yang ada dilingkungan LP. Ma’arif NU maupun lainnya. (2) sebagai sarana mencetak tenaga-tenaga teknis yang bertaqwa kepada Allah SWT, yang mampu membangun dirinya dan bersama-sama orang lain membangun bangsanya,  (3) sebagai sarana da’wah terhadap anak didik, orang tua murid dan masyarakat, (4) sebagai amal nyata NU dalam rangka mensukseskan program pemerintah yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan.

Pada tahun 1971 STMNU Blitar berubah nama menjadi STM Islam Blitar dikarenakan situasi dan persoalan politik pada era tahun 70-an kurang mendukung bagi kelancaran dan kelangsungan proses pembelajaran di sekolah ini.

Kemudian lokasi yang berada di Jalan Semeru Nomor 11 Blitar ditempati  beberapa sekolah  seperti SMPNU, MTs.NU dan STM Islam, maka Pada tahun 1971 STM Islam  Blitar  pindah  lolaksi di Jalan Musi Nomor 6 Blitar di atas lahan  seluas 9.737 m2 dengan tujuan untuk pengembangan sekolah.

Pada tahun 1999 dengan diberlakukannya Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Edisi tahun 1999 yang merupakan penyempurnaan  Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Edisi tahun 1994, nama STM Islam Blitar berubah menjadi SMK Islam Blitar. Lalu diberi nomor urut satu pada SMK Islam 1 Blitar, karena Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Cabang Blitar mendirikan SMK Islam Wlingi Blitar yang diberi nomor urut dua yaitu SMK Islam 2 Wlingi Blitar.

Pada tahun 2003/2004 SMK Islam 1 Blitar mengembangkan Program Keahlian dengan membuka Program  Keahlian Teknik Otomotif, dan menerima siswa kelas 1 sebanyak 2 (dua) Kelas. Sehingga pada tahun penlajaran 2003/2004 SMK Islam 1 Blitar mengelola empat program keahlian, yaitu Program Keahlian Teknik Bangunan, Teknik Listrik, Teknik Mesin dan Teknik Otomotif.

Pada tahun 2010/2011 SMK Islam 1 Blitar kembali mengembangkan Bidang Studi Keahlian dengan membuka Bidang Keahlian Teknologi Informatika dan Komunikasi, maka SMK Islam 1 Blitar mulai tahun pelajaran 2010/2011 mengelola 2 (dua) Bidang Studi Keahlian yaitu :

  1. Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa dan
  2. Bidang Keahlian Teknologi Informatika dan Komunikasi .

Pada bidang keahlian Teknologi Informatika dan Komunikasi SMK Islam 1 Blitar membuka Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika dengan  Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan menerima siswa kelas X sebanyak 3 (tiga) Kelas.