Semarak Bulan Bahasa dan Sastra 2019

Semarak Bulan Bahasa dan Sastra 2019

Tahukah kalian bahwa pada bulan Oktober selain diperingati sebagai peringatan hari Sumpah Pemuda juga diperingati sebagai Bulan Bahasa dan Sastra. Mengapa demikian? Alasan bulan Oktober dipilih sebagai peringatan bulan bahasa merujuk pada sejarah bangsa. Pada bulan Oktober tepatnya pada tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda dan pada bulan itu ditetapkannya bahasa resmi yang akan digunakan untuk berkomunikasi, yakni bahasa Indonesia. Bangsa Indonesia terbentuk dari beragam suku dan bahasa.  Di Indonesia terdapat kurang lebihnya 719 bahasa daerah dan 707 di antaranya masih aktif dituturkan. Oleh karena itu, betapa penting adanya bahasa penyatuan di Indonesia.

Di SMK Islam 1 Blitar, peringatan bulan bahasa sudah menjadi salah satu agenda yang tidak bisa ditinggalkan. Di tahun ini SMK Islam 1 Blitar memperingati bulan bahasa dengan mengadakan beberapa lomba, yaitu lomba musikalisasi puisi, lomba menulis esai, dan lomba fotografi. Lomba tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan kelas. Pada setiap lomba diambil juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3. 

Selain mengadakan lomba tersebut, juga diadakan diklat MC sebagai puncak acara bulan bahasa tersebut yang bertempat di Aula SMK Islam 1 Blitar. Diklat tersebut diikuti panitia dari OSIS dan JURNALISTIK serta beberapa perwakilan siswa dari masing masing kelas 10. Acara ini menghadirkan oleh pembawa materi dari Mayangkara FM yaitu Bapak Alwi Maulana, M.Pd. dan Mas Krisna dari Patria FM dengan tema “Melalui Sumpah Pemuda, Kita Perkuat Bahasa dan Sastra Indonesia”.

Harapan diadakannya pelatihan MC ini adalah agar siswa SMK Islam 1 Blitar lebih percaya diri dalam berbicara di depan khalayak umum. Sebab tanpa adanya rasa percaya diri di dalam diri seorang MC ketika dalam suatu acara maka yang mendengarkan akan merasa tidak nyaman dan acara yang dibawa tidak bisa dimeriahkan atau bisa bubar.

Maka dari itu, tepat sekali jika di moment yang begitu penting ini SMK Islam 1 Blitar mengadakan acara ini sebagai bekal para siswa untuk masa depan mereka yang lebih tertata dan bisa menjadi orang berguna di masyarakat. 

 

#Ainur Hasanah XI TKJ 2 

#Wiama Shafa A. X TKJ 1

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *