SISTEM POINT SEKOLAH

SISTEM POINT SEKOLAH

Untuk mencapai suatu kesuksesan tentunya tidak ada yang instan di dunia ini, yang tentunya membutuhkan usaha yang keras untuk mencapai keberhasilan tersebut. Salah satunya yaitu dimulai dari sejak dini dengan mematuhi semua peraturan yang ada di sekolah, masyarakat atau di manapun kita berada. Dengan mewujudkan hal tersebut pemerintah dan sekolah-sekolah sangat mendukung adanya program-program yaitu dengan diadakannya sistem poin yang dapat membentuk suatu karakter yang disiplin dan tanggung jawab pada anak. Salah satunya yaitu di SMK Islam 1 BLITAR.

  Apa itu sistem point? Sistem point adalah suatu program pemerintah yang bertujuan untuk mewujudkan suatu kedisiplinan dan kesuksesan pada anak. Program ini bukan dari sekolah namun langsung dari pemerintah pusat provinsi yang dilakukan secara serentak di setiap SMK. Program ini diserahkan pada sekolah untuk disesuaikan dengan kondisi sekolah. Sekolah membentuk tim ketertiban untuk membantu pelaksanaan sistem poin dengan mencatat anak yang melanggar aturan, memberikan poin, lalu diarahkan ke BP untuk mendapatkan pembinaan., ja 

Nah, program ini, baru kali ini dilaksanakan di SMK Islam 1 Blitar yaitu pada tahun 2019. Tentunya tidak mudah untuk melaksanakanaya, namun demi terwujudnya karakter yang disiplin dan bertanggung jawab pada siswa, sistem ini dilaksanakan dengan sangat ketat. Pelanggaran yang sering dilakukan siswa yaitu terlambat sekolah. Guru yang bertugas akan langsung menegur siswa yang terlambat dan memberikan poin untuk membuat anak jera dan tidak mengulanginya lagi. Jika saja anak tersebut masih saja melanggar hingga poin sudah melampaui batas, maka anak akan mendapat sanksi dikeluarkan dari sekolah.

  Jadi, perbedaanya dengan sebelum atau sesudah diadakannya sistem point ini sangat terlihat. Siswa yang dulunya banyak yang sering terlambat atau melanggar peraturan sekarang sudah sedikit walaupun belum bisa 100% untuk menaati peraturan tersebut. 

 

“Semua akan terasa sulit karena belum terbiasa.                                                                                                      Namun, dengan terbiasa semua akan dapat dilakukan dengan mudah. Semua akan terasa indah bila sudah waktunya.”

“Yakinlah Allah telah menentukan nasib baik untuk kita, asalkan dengan didasari oleh                                         istiqomah dan kerja keras.”

#Irfan Joni P. X DPIB 2

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *