Teacher Skill Contest MPM Surabaya Digelar Online, Mawahib: Semoga Mendapatkan Hasil Maksimal

Teacher Skill Contest MPM Surabaya Digelar Online, Mawahib: Semoga Mendapatkan Hasil Maksimal

Blitar -Pandemi Covid 19 menuntut masyarakat untuk beradaptasi secara kreatif secepat mungkin. Begitu pula dalam bidang pendidikan. Semua tenaga pendidik dituntut untuk lebih kreatif membuat metode pembelajaran agar dapat mudah diterima oleh siswanya.
Kali ini, MPM (Mitra Pinasthika Mulia) Honda menggelar Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online di  SMK binaan dengan Jurusan TBSM Astra Honda. Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 ini bermuara untuk mewujudkan standar kompetensi guru yang mumpuni sebagai modal utama mencetak siswa-siswi SMK berkualitas di bidang otomotif roda dua walaupun dengan metode daring.
Para guru peserta kontes wajib membuat sendiri bahan ajar dan membawakan dua materi ajar dengan waktu  30 menit yang sudah ditentukan sesuai dengan kurikulum SMK TBSM. Guru peserta akan dinilai dari materi ajar yang dibuat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum.
Perwakilan peserta guru dari sekolah SMK Islam 1 Blitar Jurusan TBSM Astra Honda binaan PT MPM Honda Jatim distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim mengikuti Lomba Kontes Mengajar Daring. Beliau adalah Bapak Made Kusbanu, S.Pd yang merupakan guru SMK Islam 1 Blitar. Pak Made membuat media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi saat ini dengan menggabungkan media demonstrasi, powerpoint dan quizziz. Dengan media pembelajaran ini siswa yang mengikuti pelajaran secara daring dapat melihat dengan jelas materi yang diajarkan dan juga hemat di kuota internet.
“Melalui kegiatan ini, saya merasa tertantang dengan hanya waktu yang singkat dan padat bisa membuat metode pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Untuk guru-guru SMK khususnya di Jawa Timur untuk tetap semangat bersama-sama kita bisa dan bersinergi untuk kemajuan siswa siswi generasi penerus bangsa,” kata Made.
“Seharusnya kontesnya mekanik, tapi karena pandemi hanya kontes mengajar saja. Ini masih 1 karisidenan, nanti akan diambil 5 besar untk mewakili MPM Jatim ditingkat nasional. Semoga diberi yang terbaik,” ungkapnya.
Dalam catatan tertulis, ketua Jurusan TBSM, Agus Mawahib, S.Pd mengatakan, “Mohon do’anya semoga diberi kelancaran dalam mengikuti Teacher Skill Contest yang diadakan oleh MPM Surabaya dan mendapatkan hasil maksimal…Amin…Ya Rabbal Alamin.” 

Dokumentasi Made Kusbanu, S.Pd saat mengikuti kontes guru mengajar menggunakan aplikasi Zoom. Senin(24/5/2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *