Terakreditasi A Pada Daihatsu Motor

Terakreditasi A Pada Daihatsu Motor

Globalisasi di mana teknologi semakin canggih, persaingan perusahaan atau industri semakin padat. Karena itulah, setiap perusahaan memerlukan para kinerja yang disiplin dan pekerja keras agar bisa mencapai tujuan yang lebih maksimal.

Dalam upaya untuk melahirkan para kinerja yang sesuai tuntunan tersebut SMK Islam 1 Blitar bekerja sama dengan PT Astra Daihatsu motor yang menetapkan program PBD (Pintar Bersama Daihatsu). Untuk membiasakan para siswa agar selalu berperilaku disiplin dan taat peraturan sesuai dengan harapan perusahaan dalam dunia kerja. Dimulai dengan hal yang sederhana dan mudah diterapkan yaitu menerapkan budaya 5R/5S dan berjalan di jalan hijau.

Upaya pembiasaan budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) yang diadaptasikan dengan program 5S (Seiri, Saiton, Seisi, Saiketsu, Shitsuke) dalam program tersebut mengadopsi budaya Jepang dan sudah diterapkan oleh banyak negara-negara di seluruh dunia. Metode tersebut sangat sederhana yang mudah untuk diterapkan. Metode tersebut juga diterapkan oleh SMK Islam 1 Blitar untuk mencetak para kinerja yang siap, disiplin, dan kompeten dalam bekerja.

Sistem jalur hijau merupakan sistem sederhana yang khusus untuk para pejalan kaki di lingkungan sekolah. Dalam hal tersebut masyarakat sekolah diwajibkan untuk selalu tertip menaati peraturan dengan berjalan di jalur hijau. Karena adanya jalur hijau tersebut masyarakat sekolah dapat melatih diri untuk selalu disiplin dengan berjalan sesuai dengan tempatnya.

Program PBD ini sudah berjalan selama 4 tahun yang telah mendapatkan respon baik oleh seluruh warga sekolah. Pada tahap adaptasi yaitu pada tahun pertama, kedua dan ketiga warga sekolah sudah terbiasa dengan program ini yang disesuaikan dengan program keahlian masing-masing. Program tersebut membuahkan dampak positif yaitu para siswa dapat terbiasa hidup tertib dan disiplin. Program tersebut untuk kedepannya diharapkan dapat menjadikan siswa yang lulus sudah siap kerja. Karena suksesnya program tersebut, pada tahun keempat yaitu tahun 2019 program PBD ini mendapat Akreditasi A. Ini berarti masyarakat sekolah sudah berhasil menerapkan program tersebut.

By Irfan Joni X DPIB 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *