SMK Islam 1 Blitar Diklat Bela Negara

SMK Islam 1 Blitar Diklat Bela Negara

SMK Islam 1 Blitar di tahun ajaran 2017/2018 pertama kali mengadakan kegiatan DIKLAT BELA NEGARA. Kegiatan ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu (1) menanamkan cinta tanah air kepada seluruh siswa SMK Islam 1 Blitar, (2) menciptakan sikap disiplin agar siswa lebih tertib dalam melaksanakan kegiatan di sekolah maupun di dalam bermasyarakat, dan (3) membentuk rasa kebersamaan antara siswa dan bapak/ibu guru  dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) maupun aktivitas yang lain di lingkungan sekolah.

Acara Diklat Bela Negara ini diikuti oleh seluruh siswa di SMK Islam 1 Blitar yang dilaksanakan pada tahun ajaran baru dan bertempat di lapangan Jati Malang Kelurahan Sentul Kec. Kepanjen Kidul. Acara ini tidak dilaksanakan secara bersamaan melainkan secara bergelombang karena jumlah siswa yang sangat banyak. Gelombang 1 diikuti seluruh siswa kelas X, gelombang kedua diikuti oleh seluruh sisa kelas XI, dan gelombang ketiga diikuti oleh seluruh siswa kelas XII.

Selain itu, acara diklat bela negara juga di hadiri dan dilatih langsung oleh TNI KODIM 0808 Kota Blitar. TNI KODIM 0808 sangat luar biasa dalam menanamkan sikap disiplin pada seluruh siswa SMK Islam 1 Blitar. Tidak hanya itu, dari pihak TNI juga bersosialisasi kepada siswa tentang disiplin menaati peraturan dan juga menanamkan rasa Cinta Tanah Air kepada seluruh siswa.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam serangkaian Diklat Bela Negara antara lain PBB, pedisiplinan etika sehari-hari seperti disiplin makan, disiplin pada waktu berkumpul, dan disiplin hormat (menghormati orang tua di rumah, menghormati bapak ibu guru di sekolah, dan menghormati tata tertib).

Tak hanya itu, di dalam kegiatan Diklat Bela Negara juga ada kegiatan Outbond, yang bertujuan untuk mengakrabkan siswa satu dengan siswa lainnya supaya memiliki rasa kekeluargaan dan kebersamaan.

Rencana ke depan, acara diklat Bela Negara ini akan dijadikan acara tahunan yang bertujuan untuk menjadikan siswa SMK Islam 1 Blitar sebagai generasi muda yang mentaati tata tertib. Sehingga saat mereka sudah terjun di dunia masyarakat sudah terbiasa degan sikap disiplin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *