Blitar – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. LKS ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat nasional hingga internasional.

Ajang LKS ini dapat mendongkrak kepercayaan masyarakat sehingga akan membantu proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Tahun ini wilayah kerja (Wilker) 3 Jatim, LKS SMK dilaksanakan di wilayah Blitar Raya (Kota dan Kabupaten Blitar). Adapun  Wilker 3 Jatim yang mengikuti LKS yakni wilayah Kota Blitar, Kab. Blitar, Kota Kediri, Kab. Kediri, Kab. Tulungagung, Kab. Trenggalek, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Kab. Malang, Kota Malang dan Kota Batu.

Sebagai kota patria, tentu nama Blitar sudah tidak asing lagi bagi para pelajar. Tahun ini SMK Islam 1 Blitar bahkan ditunjuk sebagai tuan rumah dalam berbagai Lomba Kompetensi Siswa SMK 2022. Tercatat ada 6 bidang lomba LKS yakni: lomba Graphic Design Technology, lomba CNC Miling, lomba CNC Turning, lomba Mechanical Engineering CAD, lomba Car Painting dan lomba Auto Body Repair.

Berikut potret kemeriahan LKS Graphic Design Technology (GDT) 2022 yang berhasil dihimpun redaksi;

Suasana LKS GDT 2022 di ruang 1

Suasana LKS GDT 2022 di ruang 2

Suasana LKS GDT 2022 di ruang 3

Tampak salah satu peserta mengikuti lomba dengan sungguh-sunggu dan selalu menaati protokol kesehatan

Suasana santai namun serius saat pelaksanaan lomba

Everine (SMK PGRI 3 Malang) tampak mengikuti lomba yang kemudia dinobatkan sebagai juara 1 dalam LKS GDT 2022