Blitar – Penegak Bantara adalah tingkatan Syarat-syarat Kecakapan Umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelum Penegak Laksana. Golongan Pramuka Penegak yang belum menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara belum dianggap sebagai Pramuka Penegak dan disebut sebagai “Tamu Ambalan”, atau “Tamu Penegak”
Bantara merupakan Tanda Kecakapan Umum (TKU) dari golongan pramuka tingkat Penegak. Kata bantara sendiri berasal dari bahasa sangsekerta yang berarti pengawal atau ajudan. Ada juga yang mengartikan bahwa bantara merupakan kependekan dari Bantuan Tenaga Rakyat.
Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib dilaksanakan guna untuk melanjutkan kepengurusan bantara sebelumnya serta untuk melanjutkan tugas pokok dewan ambalan sekaligus sebagai proses penyelesaian kecakapan umum tingkat penegak bantara. Perlu diketahui untuk mengikuti pelantikan penegak bantara ini, para calon sebelumnya telah menyelesaikan berbagai tugas yang termuat dalam syarat-syarat kecakapan umum (SKU) penegak bantara, yang terdiri dari 5 unsur pengembangan yaitu Spritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik.

Siswa siswi SMK Islam 1 Blitar mengikuti diklat Penegak Bantara. Sabtu, 24/9/2022

Dilansir dari berbagai sumber, setelah anggota penegak dinyatakan lolos dan layak naik tingkat menjadi bantara, ada beberapa tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab.
  • Mengingatkan jalannya pemerintahan
  • Menjaga jalannya pemerintahan
  • Mengawal jalannya pemerintahan
Berikut adalah 10 kewajiban sebagai penegak bantara yang jarang diketahui publik, so perlu sobat ketahui, meliputi :
  1. Meningkatkan rasa percaya diri
  2. Menjaga nama baik pribadi dan ambalannya
  3. Mengembangkan daya kreatif
  4. Berani menyampaikan pendapat kepada orang lain
  5. Menghargai dan menerima kritikan orang lain
  6. Bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepadanya
  7. Berbakti kepada masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  8. Mengembangjan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  9. Meningkatkan jiwa kepemimpinannya
  10. Senantiasa bermanfaat bagi diri sendiri, orang tua, lingkungan dan masyarakat
Sekarang sudah tahu kan ? semoga artikel tentang 10 kewajiban penegak bantara bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat sebagai kader bangsa. Salam Pramuka!!!
Share This