SMK Islam 1 Blitar – Lembaga pendidikan yang terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas, telah sukses menjalankan audit internal dalam kerangka Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Audit ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk memastikan kualitas proses pendidikan dan pelayanan kepada siswa, serta untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional. Selasa, 8/8/2023.

Proses audit internal dilakukan oleh tim auditor internal yang terdiri dari staf dan tenaga pendidik yang telah terlatih secara khusus. Tim ini bertugas untuk mengevaluasi sejumlah aspek kunci dalam manajemen sekolah, termasuk perencanaan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, manajemen administrasi, dan pengembangan staf pengajar.

Hasil dari audit internal ini menunjukkan bahwa SMK Islam 1 Blitar telah mencapai kesesuaian dengan standar Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Beberapa hal penting yang teridentifikasi dalam laporan audit meliputi:

1. Sistem Penjaminan Mutu yang Solid: Proses audit menunjukkan bahwa sekolah telah menerapkan sistem penjaminan mutu yang kuat, termasuk dalam hal perencanaan pembelajaran, pengawasan pelaksanaan, dan evaluasi hasil belajar siswa.

2. Partisipasi Siswa dalam Pengembangan Kurikulum: Tim auditor menyoroti keterlibatan siswa dalam pengembangan kurikulum dan evaluasi pembelajaran. Hal ini mencerminkan pendekatan kolaboratif dalam meningkatkan proses pembelajaran.

3. Penggunaan Sumber Daya yang Efektif: Audit mengamati bahwa sekolah telah mengelola sumber daya dengan efisien dan efektif, termasuk penggunaan fasilitas dan teknologi dalam mendukung proses belajar-mengajar.

4. Pemantauan dan Evaluasi Berkelanjutan: SMK Islam 1 Blitar telah menunjukkan komitmen untuk memantau dan mengevaluasi kinerja sekolah secara berkelanjutan, dengan tujuan untuk terus melakukan perbaikan.

Bapak M Solihin, Wakil¬† Kepala Sekolah SMK Islam 1 Blitar, mengungkapkan kepuasan dan apresiasi atas hasil audit internal tersebut. “Kami senang melihat bahwa kerja keras dan dedikasi kami untuk meningkatkan mutu pendidikan telah terbukti dalam hasil audit ini. Kami akan terus berupaya untuk memberikan layanan pendidikan terbaik bagi para siswa,” katanya.

Bapak M Solikkin menambahkan bahwa hanya sedikit sekolah yang masih menerapkan ISO 9001:2015.

“Kita tetap ISO, walau beberapa sekolah udah tidak mengikuti ISO”, ungkapnya.

Dengan berhasilnya pelaksanaan audit internal ISO 9001:2015, SMK Islam 1 Blitar menunjukkan komitmennya dalam menjaga dan meningkatkan standar kualitas pendidikan. Langkah ini tidak hanya berdampak positif terhadap kualitas proses pembelajaran, tetapi juga akan memberikan manfaat jangka panjang bagi siswa dalam persiapan menghadapi tantangan di masa depan.

Share This